Rabu, 02 November 2016

Pelabuhan Padangbai Dibenahi Demi Majunya Wisata Bali

"Pelabuhan Padangbai Dibenahi Demi Majunya Wisata Bali Pulau Bali dapat dibuktikan masihlah merajai dunia pariwisata Indonesia. Jadi tidak heran bila pemerintah selalu meningkatkan infrastruktur di lokasi Pulau Dewata untuk mendorong penambahan kunjungan wisatawan.

Terkecuali Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu masuk, rupanya Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem juga dinilai punya potensi besar. Hal semacam itu jadi sorotan Kementerian perhubungan untuk dibenahi.

" Pengembangan Pelabuhan Padangbai bisa jadi satu diantara pendorong meningkatnya bidang pariwisata di Bali, " tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi waktu meninjau Pelabuhan Penyeberangan Padangbai, Senin, 7 November 2016.

Menhub meluangkan untuk meninjau sarana kapal ferry yang tengah sandar, yakni KM Dwihan Bahari. Dilanjutkan dengan dialong singkat dengan beberapa pengemudi yang tengah menanti kehadiran kapal.

" Pelabuhan pariwisata mesti selalu diperkembang, lantaran bidang ini sebagai tulang punggung Propinsi Bali. Karenanya kita mesti selekasnya merampungkan beberapa sistem supaya pelabuhan ini bisa jadi sisi dari penambahan potensi pariwisata terutama di Kabupaten Karangasem, " terang Menhub Budi.

Menhub juga memiliki pendapat bila berlangsung keunggulan volume jalan raya di bali, jadi bisa kurangi dan merugikan pariwisata. Karenanya, menurut dia butuh dikerjakan bebrapa usaha baru untuk hindari hal semacam itu.

Satu diantara pengembangan yang bisa dikerjakan yaitu membahas rute-rute baru. Hal semacam itu dikerjakan untuk tingkatkan gerakan angkutan di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai, sebagai satu diantara akses mobilitas penumpang ataupun barang dari Pulau Jawa, Nusa Tenggara serta sekitarnya menuju ke Pulau Dewata.

" Untuk pelabuhan ini, kita semakin lebih kerjakan banyak reroute. Bila untuk pengembangan kemampuan, gw fikir sekarang ini telah cukup mencukupi, " paparnya.

Setelah itu, Menhub Budi menilainya kehadiran Pelabuhan Penyeberangan Padangbai begitu mungkin untuk Kabupaten Karangasem. Volume gerakan baik penumpang ataupun kendaraan makin bertambah. Ia menyampaikan, mungkin diselenggarakan gerakan rute baru dari Gilimanuk segera ke Padangbai untuk menolong mengurai kepadatan di Pelabuhan Gilimanuk.

" Tadi di sampaikan, paling kronis berlangsung macet di Gilimanuk sampai 2 (dua) jam. Jadi kita bakal usahakan langkah umpamanya, apa dapat segera dari Gilimanuk kesini, " katanya.

Budi menyampaikan, bakal menginventarisir pelabuhan penyeberangan yang ada di Bali, termasuk juga Padangbai untuk mencari bentuk yang ideal berkaitan pengelolaannya.

Terdaftar, trend gerakan penumpang, kendaraan, ataupun muatan barang di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai selalu bertambah tiap-tiap tahunnya. Pada th. 2015 jumlah penumpang sebesar 715 ribu penumpang turun serta 800 ribu penumpang naik, kendaraan roda dua serta roda empat (277 ribu kendaraan turun serta 312 ribu kendaraan naik), bagasi/barang (957 ribu barang turun serta 1 juta barang naik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar