Selasa, 15 November 2016

Pesanpesan Aneh Ini Muncul Secara Misterius di Amerika

"Pesanpesan Aneh Ini Muncul Secara Misterius di Amerika Sepanjang tiga dekade paling akhir, ada seorang yang diam-diam meninggalkan pesan aneh di sekitaran Amerika Serikat serta Amerika Selatan. Pesan itu dilukis di lantai linoleum persegi panjang serta tertanam di aspal jalanan.

Sesudah dikilas balik, nyaris keseluruhnya ubin membawa pesan yang sama. Lalu ubin-ubin itu dikatakan sebagai 'Toynbee' lantaran banyak merepresentasikan pandangan sejarawan populer Arnold J Toynbee.

Sedang ubin-ubin lain membawa pesan tentang pernyataan politik, keluhan orang-orang serta budaya yang dituangkan dalam beberapa suara samar. Selama ini sudah diketemukan beberapa ratus ubin, namun masih tetap tak tersingkap jati diri siapa pembuatnya. Dan maksud apa sesungguhnya yang menginginkan dikemukakan dengan bertindak itu.

Banyak yang lalu yakini kalau pelakunya di inspirasi dari karya fiksi ilmiah, Ray Bradhury 'The Toynbee Convector' yang mengacu pada satu diantara karya Arnold J Toynber. Berisi bercerita mengenai satu ide yang diusulkan Toynbee tentang langkah manusia untuk bertahan hidup. Termasuk juga dalam meraih beberapa hal yang hampir diluar batas kekuatan seorang.

Ada peluang juga penciptanya menginginkan menebarkan kalau beberapa orang mesti mengambil inspirasi serta pemikiran Toynbee dan mesti memikirkan diluar dari umumnya seperti menjelajah Jupiter.

Ubin misterius ini pertama kalinya nampak pada th. 1980 di Philadelpia. Pada sekarang ini orang yakini kalau seniman anonim itu adalah masyarakat asli Philadelpia. Beberapa besar ubin ditanam di lokasi yang bersebelahan dengan Kansas City, Missouri Boston, Massachusetts, Washington DC, serta ada banyak yang lain.

Sesaat ini, satu orang yang dicurigai sebagai pelaku yaitu pria yang mengatasnamakan dianya sebagai James Morasco. Walau tetaplah dicurigai kalau nama itu yaitu cuma nama samaran.

Tetapi waktu ia wafat di th. 2003, pesan-pesan sama selalu nampak bahkan juga sesudah lama dari tanggal kematiannya.

Ubin didesain dengan cara yang begitu cerdik. Dibungkus dengan kertas tar lantas ditempatkan di berjalan-jalan yang selalui ramai dilalui. Beberapa ubin ditekan masuk kedalam jalanan walau banyak yang sudah hancur dalam sistem pemeliharaan jalanan.

Sampai pada akhirnya pada 2015 silam, Departemen Pemelihara Jalan Philadelpia menyebutkan ubin Toynbee sebagai seni jalanan serta menginginkan menaruh sebagian bekasnya.

(Sumber : Amusingplanet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar